Pages

Thursday, November 3, 2011

TIM HUBUNGAN INVESTOR PT ALFA RETAILINDO Tbk.

Kepada para investor dan calon investor, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan beberapa hal yang sekiranya penting untuk menjadi bahan pertimbangan bagi para investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan kami atau tidak.

A.    SEJARAH PERUSAHAAN

Kami menjelaskan tentang sejarah perusahaan karena dengan menjelaskan sejarah, investor akan lebih mengetahui tentang seluk beluk perusahaan. Dengan demikian, investor tidak menganggap perusahaan ini sebagai perusahaan biasa yang tidak memiliki dasar pengalaman yang kuat.
PT Alfa Retailindo didirikan di Jakarta pada tanggal 27 Agustus 1989, bergerak di bidang usaha perdagangan eceran dan grosir. Dengan mengoperasikan gerai swalayan yang menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari, perlengkapan rumah tangga, termasuk elektronik serta gerai yang melayani pembelian secara grosir.
Antara tahun 1989 sampai 1994, kegiatan usaha dibagi dalam 2 divisi yaitu divisi swalayan yang menangani penjualan eceran, dan divisi grosir. Pada tahun 1994, PT Alfa Retailindo membentuk satu divisi baru yaitu divisi distribusi, namun pada tahun 1996, divisi distribusi memisahkan diri dan membentuk perusahaan terpisah, PT Atri Distribusindo. Operasional Kantor pusat PT Alfa Retailindo terletak di Jl. MH Thamrin no. 9, Cikokol, Tangerang.
PT Alfa Retailindo juga memiliki anak perusahaan yakni PT Beta Setia Mega. PT Beta Setia Mega merupakan salah satu distributor eksklusif untuk produk-produk Unilever di sebagian wilayah Jakarta dengan dua unit kerja di Sunter, Jakarta Utara dan Palmerah, jakarta Selatan. Kantor pusat PT Alfa Retailindo terletak di Jakarta dengan kantor-kantor cabang yang tersebar di kota-kota di pulau Jawa, Bali, dan Sulawesi. Untuk mendukung kesuksesan dalam berbisnis, sejak tanggal 18 Januari 2000 PT Alfa Retailindo telah mencatatkan dan memperdagangkan sahamnya di PT Bursa Efek Jakarta (BEJ).

B.     COMPANY PROFILE

Tujuan dari penjelasan tentang company profile ini adalah agar investor dan calon investor bisa melihat secara lebih nyata lagi bagaimana pergerakan bisnis PT Alfa Retailindo Tbk dan juga siapa saja aktor atau orang-orang yang berada dibalik bisnis PT Alfa Retailindo Tbk ini.
Nama Perusahaan                          : PT Alfa Retailindo Tbk
Alamat Kantor Pusat                    : Gedung Carrefour Lantai 2
                                                        Jln Lebak Bulus Raya No.8, Jakarta
Operasi Pasar                                : 16 Hypermarket dengan nama “Carrefour”
                                                        9 Supermarket dengan nama “Carrefour Express”
                                                        5 Supermarket dengan nama “Carrefour Market”
IPO pertama kali                           : 17 Desember 1999
Dewan Komisaris                         
ü  Presiden Komisaris     : Jean Paul Denoix
ü  Komisaris                    : Philipe Jacques Marie P
                                                      Thierry Garnier
                                                            Handaka Santosa
                                                            Silmy Karim
Dewan Direksi                             
ü  Presiden Direktur        : Novalian
ü  Direktur                       : Kurnia Handoko Susilo
Komite Audit                                : Handaka Santosa
                                                       Hana Pergiwati
                                                       Aditya Dwi Laksana
Jumlah karyawan                          : 2.070 karyawan kontrak
                                                      2.185 karyawan tetap

C.    INFORMASI KEUANGAN

`Kami menyajikan informasi keuangan kami, yaitu berdasarkan analisis dari laporan keuangan tahun 2010 dan 2011 agar investor mengetahui bahwa ada peningkatan, penurunan, ataupun stagnansi dari keadaan keuangan perusahaan kami. Ini menjadi bagian yang penting karena dalam informasi keuangan mereka juga dapat memprediksi kira-kira bagaimana peluang bisnis jika mereka menanamkan sahamnya di PT Alfa Retailindo Tbk.
NO
Rasio
Tahun 2010
Tahun 2011
1
LEVERAGE
Rasio Hutang Terhadap Aktiva (RHTA)

 0,5968

     0,5912
2
PROFITABILITAS
a.      Rasio Laba Operasi (RLO)
b.      Rasio Laba Bersih (RLB)
c.       Rasio Laba Atas Aktiva (ROA)
d.      Rasio Deviden Per lembar Saham (DPS)


 0,1873
 0,0028
 0,0032
 4,7

     0,178
     0,0127
     0,0144
     21,2

·         Rasio Leverege
Rasio leverage berfungsi untuk memperlihatkan berapa hutang yang digunakan perusahaan. Rasio Leverage untuk menghitung rasio hutang terhadap aktiva, rasio hutang terhadap modal sendiri, dan rasio modal sendiri terhadap aktiva. Atau dengan kata lain, rasio ini digunakan untuk mengukur aspek resiko yang ada di perusahaan ini. Bagi investor, rasio ini sangat dipertimbangkan mengingat investor pastinya tidak akan menanam modalnya di perusahaan yang beresiko atau nantinya berdampak buruk bagi investor itu sendiri.
·         Rasio Profitabilitas
Rasio Profitabilitas berfungsi untuk mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan laba. Rasio Profitabilitas untuk menghitung rasio laba operasi, rasio laba bersih, rasio laba atas aktiva, rasio laba atas modal sendiri, rasio kelipatan pembayaran bunga, laba per lembar saham, dan dividen per lembar saham. Jika seluruh hasil perhitungannya besar, maka akan semakin baik. Disini investor juga dapat melihat aspek pengembalian investasi dan pertambahan kemakmuran.

D.    INFORMASI NON KEUANGAN
  •          Kegiatan Pemasaran

     Dengan menunjukkan kegiatan pemasaran kami, investor akan mengetahui bagaimana kinerja kami sebagai perusahaan untuk menghasilkan laba. Sehingga  para investor dan calon investor dapat mempertimbangkan apakah perusahaan kami ini sungguh-sungguh berusaha untuk meningkatkan laba yang pada akhirnya juga akan membantu menambahkan keuntungan yang didapatkan oleh investor.
PT ALFA Retailindo, Tbk. menitikberatkan kegiatan pemasarannya pada golongan menengah dan menengah kebawah, serta selalu mengikuti perkembangan dari segmen pasar ini. Penelitian serta pemantauan dilakukan secara berkala untuk mengetahui profil dan tingkah laku pasar.
Barang yang diperdagangkan oleh PT Alfa Retailindo, Tbk. sebagian besar termasuk dalam kategori kebutuhan pokok dan peralatan rumah tangga. Diantara barang-barang tersebut, kebutuhan pokok memberikan kontribusi terbesar pada penjualan, yang mencakup sekitar 46% dari total penjualan. Sedangkan untuk peralatan rumah tangga memberikan kontribusi sekitar 29% dan sisanya merupakan barang-barang kebutuhan lainnya. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, PT Alfa Retailindo Tbk yang mempunyai komitmen sebagai berikut:
1.         Satisfaction Guarantee
Kebijakan perusahaan untuk menerima pengembalian / retur barang belanjaan pelanggan jika tidak sesuai dengan harapan pelanggan ((jaminan kepuasan pelanggan). Dengan ketentuan sebagai berikut:
·      Harus menunjukkan struk / faktur penjualan Alfa
·      Masa klaim berlaku maksimal 9 hari setelah pembelanjaan di Alfa (khusus untuk produk Fresh food maksimal 3 hari)
·      Jika barang pengganti tidak tersedia, dapat diganti dengan barang lain sesuai dengan prosedur retur barang
·      Berlaku untuk pembelian
·      Barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan
·      Barang yang dibeli tidak sesuai dengan klasifikasi dan standart
·      Barang yang dibeli tidak sesuai dengan harga yang tercantum pada railcard
·      Barang-barang yang dikembalikan harus dalam kemasan utuh / lengkap / tidak rusak.


2.         Reliability
Kebijakan perusahaan bahwa pelanggan membayar dengan harga termurah jika terjadi selisih harga di komputer kasir dengan harga di rak atau sarana display lainnya. Selain mendapatkan harga termurah apabila menemukan perbedaan tersebut di atas, pelanggan juga berhak atas nilai sebesar 2 x selisih perbedaan harga tersebut .
PT. Alfa Retailindo Tbk, merupakan anak perusahaan dari group HM SAMPOERNA yang didirikan di Jakarta pada tahun 1989, bergerak di bidang usaha perdagangan eceran dan grosir. Dalam rangka ekspansi dari perusahaan kami di beberapa tempat dan persaingan dengan beberapa perusahaan, untuk itu saat ini kami membutuhkan karyawan-karyawan baru yang muda, terampil dan pekerja keras serta dapat bekerja dalam waktu dekat ini. 
  •          Manajemen Pelanggan PT Alfa Retailindo Tbk.

Pada tahun 2001, ALFA memulai untuk melakukan penerapan Customer Relationship Management dengan membentuk Alfa Family Club (AFC). AFC ini merupakan klub khusus bagi anggota para pelanggan Alfa di seluruh Indonesia. Tanda anggota berupa "KARTU AFC" dengan logo AFC, CCI (Card Connection International) dan OVIS. Fasilitas yang diperoleh para anggota AFC misalnya seperti: Potongan harga khusus untuk anggota AFC yang bisa digunakan di semua Toko Alfa dan sekitar 40.000 merchant dari AFC dan CCI (meliputi hotel, restaurant dan toko). Undangan untuk acara-acara khusus yang diadakan oleh AFC dan CCI, seperti piknik, nonton gratis atau acara di Cafe. Setiap anggota AFC juga mendapatkan fasilitas yang sama dengan pemegang Kartu Diskon CCI dan OVIS. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dari keanggotaan AFC. Alfa juga terus mengembangkan merchant khusus AFC secara nasional.

E.     PELUANG dan EKSPEKTASI
Melihat dari informasi-informasi yang dilaporkan baik itu informasi keuangan maupun informasi non keuangan, kami sebagai Public Relation akan mencoba menjabarkan beberapa peluang dan ekspektasi yang bisa diperoleh oleh para investor menyangkut masalah penanaman modal saham di perusahaan PT Alfa Retailindo Tbk ini.
a)      Dalam rasio Leverage, perusahaan tidak terlalu menunjukan perbedaan yang signifikan. Ini menunjukkan juga sebuah konsistensi perusahaan dalam pemanfaatan hutang. Angka berkisar 0,59 pada rasio hutang atas aktiva berarti bahwa perusahaan ini masih solvent (Jika rasio < 1,0). PT Alfa Reatilindo mempunyai kemungkinan yang kecil untuk terbelit utang, dikarenakan besarnya aktiva yang masih lebih besar dibanding hutang perusahaan.
b)      Dalam rasio Profitabilitas, menunjukkan bahwa peningkatan yang cukup signifikan pada rasio laba bersih dari 0,0028 menjadi 0,,127. Ini jelas akan berimplikasi positif bagi para investor, karena secara tidak langsung akan mendorong pada peningkatan Laba per Sahamnya.
c)      Masih sama pada rasio profitabilitas, di mana terdapat juga peningkatan pada Return on Asset (ROA) dari 0,0032 menjadi 0,0144. Ini juga berdampak pada arah pengembangan usaha karena peningkatan laba bersih terhadap asset semakin tinggi.
d)     Dalam struktural organisasi, perusahaan sudah menunjukkan struktur organisasi yang professional dan kompetiti sehingga memberikan jaminan pada kinerja manajemen yang baik.
e)      Dalam informasi pemasaran, perusahaan yang lebih berfokus pada penyediaan produk kebutuhan pokok yang memiliki kekuatan customer value melalui customer service baik before and after sales, memberikan keyakinan pada investor bahwa perusahaan ini akan tetap bertahan pada continuous improvement dan going concern.









 

 


DAFTAR PUSTAKA


Setia Atmaja, Lukas. 2003. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
Boynton, William C.; Johnson, Raymond N.; Kell, Walter G. Edisi Ketujuh Jilid I. Modern Auditing. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Harnanto. 1984. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA bekerja sama dengan LMP 2 M AMP-YKPN.






TIMELINE PRESENTASI TIM HUBUNGAN INVESTOR PT ALFA RETAILINDO Tbk
MATERI
ESTIMASI WAKTU
KETERANGAN
Sejarah
1 menit
Akan dipresentasikan 1 slide. Disini tim hubungan investor tidak berlama-lama karena ini hanya untuk perkenalan saja.
Company Profile
1 menit
Akan dipresentasikan dalam 1 slide.
Laporan keuangan
1 menit
Akan dipresentasikan dalam 2 slide. Slide tersebut akan menggambarkankeadaan keuangan perusahaan selama 2 periode.
Kegiatan pemasaran
1 menit
Akan dipresentasikan dalam 1 slide.
Manajemen pelanggan PT Alfa Retailindo Tbk
1 menit
Akan dipresentasikan dalam 2 slide.
Peluang dan Ekspetasi
1 menit
Akan dipresentasikan dalam 2 slide.
Sesi tanya jawab
10 menit


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More